KOTA SAWAHLUNTO: Dari Kota Tambang Menuju Kota Wisata dalam Sudut Pandang Sosial dan Ekonomi Pembangunan

 


Judul Buku             : KOTA SAWAHLUNTO: Dari Kota Tambang Menuju Kota Wisata dalam Sudut Pandang Sosial dan Ekonomi Pembangunan

Penulis                    : Feni Efendi dan Weriantoni

Penyunting             : Feni Efendi

Penata Letak           : Feni Efendi

Desain Sampul       : oleh Feni Efendi. Foto tentang Tambang Batu Bara di Ombilin Sawahlunto. Tahun 1928. KITLV 179185. Foto diunggah dari digitalcollections.universiteitleiden.nl

 

Diterbitkan oleh:

Penerbit Fahmi Karya

Anggota IKAPI No. 047/SBA/2024

Jl. Gunung Bungsu, Sumur Cindai, RT 01/RW02, Kel. Tiakar, Kec. Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat 26231

Email: penerbitfahmikarya@gmail.com

Website: www.fahmikaya.com

Hp/WA: 081377856115

 

 

ISBN

Cetakan Pertama, Agustus 2024

viii + 117 hlm: 15,5 x 23 cm

Front Palatino, 1,15 Spasi, Size 12

 

SINOPSIS

 

Kota Sawahlunto, dengan sejarahnya yang kaya sebagai pusat pertambangan batubara, telah mengalami transformasi yang signifikan menuju sebuah destinasi wisata yang menarik. Buku ini hadir sebagai upaya mendokumentasikan dan meng-analisis proses transformasi tersebut, dengan fokus pada di-mensi sosial dan ekonomi pembangunan. Diharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan studi perko-taan, khususnya dalam konteks transformasi ekonomi berbasis sumber daya alam.

 

Transformasi Sawahlunto dari kota tambang menjadi kota wisata tidak hanya mengubah wajah fisik kota tetapi juga membawa dampak yang signifikan bagi kehidupan sosial masyarakat. Buku ini mencoba mengungkap dinamika sosial yang terjadi selama proses transformasi tersebut, serta impli-kasinya bagi kesejahteraan masyarakat.

 

Di dalam buku ini, penulis mencoba mengupas tuntas ber-bagai aspek, mulai dari sejarah pertambangan di Sawahlunto, dinamika sosial masyarakatnya, hingga dampak ekonomi Kota Sawahlunto dari kota tambang menuju kota wisata. Semoga buku ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang perjalanan panjang Kota Sawahlunto.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama